Pages

Labels

Rabu, 05 Desember 2012

Beberapa Alat Pengaman Di Jln.Sumbersari Kota Malang

Buat kamu yang suka dengan dunia kelistrikan perlu nih ditingkatkan pengetahuan tentang peralatan yang ada di kelistrikan terutama di power. Banyak sekali alat-alat dipinggir jalan sampai rumah kita yang berbau dengan listrik. Ini adalah beberapa alat proteksi yang ada di sekitar kita. Dibawah ini ada beberapa alat proteksi yang diambil di pinggiran jalan di Kota Malang.

Di atas adalah salah satu gambar dari proteksi yaitu Load Break Switch
Load Break Switch (Sakelar pemutus beban) ini bisa digunakan sebagai pemisah ataupun pemutus tenaga dengan beban nominal. Pada waktu memutus atau melepas jaringan dapat dilihat dengan mata. Perlu diketahui bahwa tidak dapat membuka secara otomatis pada waktu gangguan, dibuka atau ditutup hanya untuk manipulasi beban.

Dan yang ini adalah sectionalizer
Sectionalizer adalah alat pengaman yang secara otomatis dapat memisahkan bagian jaring distribusi yang terganggu. Sectionalizer tidak untuk memutuskan arus gangguan tetapi akan beroperasi/membuka setelah pemutus tenaga digardu induk membuka, atau setelah OCR (Automatic Circuit Recloser) membuka. Cara pemasangan menurut ketentuan setiap ± 13km terpasang satu sectionalizer. Fungsinya yaitu untuk mengisolir bagian jaringan yang terganggu sehingga bagian jaringan lain tetap dapat menyalurkan/mendistribusikan tenaga listrik.
 

Dan yang itu adalah Pole Top Switch
Pole top switch hanya dapat untuk melepaskan atau memasukkan jaringan dengan keadaan tanpa beban. Untuk mengisolir jaringa dengan pemutusan dapat dilihat dengan mata. Pemasangannya hanya pada tiang listrik (pasang luar). Perlu diketahui bahwa tidak dapat memutuskan jaringan dengan sendirinya (otomatis) pada waktu ada gangguan listrik.

Ketiga gambar tersebut adalah beberapa alat proteksi di dunia kelistrikan terutama pada jaringan transmisi dan distribusi listrik.



0 komentar:

Posting Komentar