Pages

Labels

Senin, 10 Desember 2012

K3_Fall Protection


Hayow,,, siapa apa yang tw K3 fall protection???
Ayukk...kita ulas sedikit demi sedikit K3 yang berhubungan dengan fall protection.


Pengertian Fall Protection
Fall protection adalah Suatu sistem perlindungan atau proteksi diri yang digunakan pada  ketinggian  lebih dari 3.5 meter untuk mencegah jatuhnya pekerja.



Beberapa Sistem  dalam fall protection
  1. Personal fall-arrest systems (sistem penahan jatuh pribadi), adalah salah salah satu sistem penagkapan jatuh yang mengamankan seseorang agar tidak jatuh secara langsung dari tempat kerja.
  2. Guardrail systems (sistem pagar  pembatas)Adalah sistem yang berbentuk  hambatan vertikal kebawah , midrails, dan  vertikal menengah. sistem ini  juga dapat dikombinasikan dengan toeboards, yang dapatmencegah bahan-bahan dan peralatan dari jatuh secara langsung.
  3. Safety-net systems ( sistem jala keselamatan )Sistem ini terdiri dari jaring mesh, panel, dll yang  biasanya digunakan sebagai perlindungan bagi pekerja pada ketinggian 25 meter atau lebih.
  4. Positioning-device systems (sistem penagkapan posisi jatuh) Sistem ini digunakan ketika bekerja dengan tangan bebas pada permukaan seperti dinding atau srtuktur vertikal lainnya.Selain itu sistem ini biasanya digunakan sebagai perlindungan untuk para pekerja beton dan sejenisnya.
  5. Warning-line systems ( sistem garis peringatan )Sistem garis peringatan ini terdiri dari tali, kawat atau rantai, dan yang membentuk sebuah penghalang untuk memperingatkan orang-orang agar tidak  mendekati sisi yang tidak dilindungi atau tepi atap. Garis ini  menandai area di mana orang bisa melakukan pekerjaan atap tanpa menggunakan pagar atau jaring pengaman. Sistem garis peringatan inin dapat dikombinasikan dengan sistem pagar pembatas, sistem penahan jatuh pribadi, atau sistem keselamatan yang lainnya
  6. Safety-monitoring systems (sistem memonitor keamanan)adalah satu set prosedur yang ditetapkan ke orang yang kompeten untuk monitoring dan peringatan pekerja yang  tidak menyadari bahaya jatuh. Sistem monitor keamanan ini sesuai untuk pekerjaan di atas atap kurang dari 50 meter.
  7. Controlled-access zones ( zona akses pengawasan )Zona akses pengawasan ini mendiskripsikan di mana area yang para pekerja dapat melakukan pekerjaanya secara penuh karena area itu sudah mendapat fasilitas fall protection.
Bentuk-Bentuk Fall Protection
Diperlukan bila karyawan terkena bahaya jatuh dari lokasi 10 meter atau lebih tinggi oleh salah satu metode yang tercantum di bawah ini:


0 komentar:

Posting Komentar